Jumat, 23 Desember 2016

RANGKUMAN TOR

assalamualaikum wr.wb

Pada awalnya saya masih bingung dengan tugas tor. Apa itu tor ? , bagaimana itu tor ?. Dan harus memulainya dari mana ? ditambah lagi semakin bingung lagi harus mencari tempat nya dimana??

Wah... Ini membuat kami semakin sakit kepala hehe😂
Setelah memikirkan beberapa hari dimana saya bersama kelompok mencari tempatnya dan akhirnya... Salah seorang dari anggota kelompok saya mengeluarkan ide. "Bagaimana jika kita membuat kegiatan "Pustaka Kecil" dimana kita mengajarkan anak anak dipaud yang kekurangan kegiatan belajar nya karena tugas tor ini merupakan tugas dimana kita melakukan kegiatan tertentu harus ada alasannya, kenapa kita melakukan dan untuk apa kita  kita melakukannya.

Nah dari itu saya bersama kelompok pun mencari dimana paud yang kekuranga sekali kegiatan belajar nya, walaupun dipaud memang jarang sekali kegiatan belajar lebih mengutamakan bermain, tapi kita harus menanamkan rasa minat belajar sejak dini untuk anak anak yang masih kecil agar anak anak tersebut mempunyai rasa cintanya terhadap belajar.

Selain itu tujuan kami melakukan kegiatan pustaka kecil yaitu membangkitkan niat belajar anak usia dini. Walaupun tujuan kami membangkitkan niat belajar tapi anak anak bisa belajar sambil bermain.

Setelah saya bersama kelompok mencari cari dimana tempat yang cocok untuk kegiatan kami, akhirnya kami menemukan salah satu paud yang cocok sekali dengan kegiatan dan tujuan kami. Paud tersebut berada di desa Limpok dimana paud tersebut mempunyai banyak kekurangannya , terutama keadaan paudnya yang begitu menyayangkan sebab paud tersebut merupakn bekas pos syandu dan kurang nya kegiatan belajar.
Dan setelah kami meminta izin kepada pengurus paud tersebut akhirnya kami diizinkan untuk mengajarkan anak anak paud tersebut.

Paud tersebut sangat berbeda sekali dengan paud paud yang ada ditempat lain. Bila kalian berpikir ramainya anak anak dipaud desa limpok tersebut sama seperti anak anak dipaud lain kalian salah besar.  Anak anak yang ada dipaud tersebut tidak lebih dari 20. paud tersebut jauh dari kata keterbatasan mereka hanya memanfaatkan peralatan seadanya. Tidak ada barang mewah disana mereka hanya beralaskan lantai sebagai tempat duduk.

Namun, hal ini tidak membuat mereka mengeluh dan tidak membuat mereka hilangnya minat belajar dalam keadaan serba terbatas.
Di usia yang masih dini mereka sudah bisa menghafal beberap doa, surah surah pendek dan beberap hadist . mereka kelihatan gembira dan ceria sekali walaupun tempat mereka belajar berbeda sekali dengan keadaan ditempat lain.

Dari situ saya bisa belajar bagaimana mereka mampu menjalani keadaan yang tidak seperti orang lain rasakan. Banyak pengalaman yang bisa saya ambil dari tugas tersebut. Bahkan mereka memanggil saya dengan sebutan ibu , awalnya membuat saya canggung dengan sebutan ibu , tapi mereka rasa saya bersama kelompok saya ibu guru baru dipaud tersebut. 

Hari demi hari saya lalui dengan tugas ini membuat diri saya bangga di semester yang baru seumur jagung ini saya sudah bisa mengajarkan anak anak tersebut, ini semua berkat tugas tor.  Perjumpaan yang 9 minggu dengan anak anak tersebut menambah pengalaman baru di diri saya , mereka membuat saya tersadar bahwa hidup tidak selalu indah seperti yang kita harapkan , syukuri apa yang ada , apa yang telah diberikan yang maha kuasa.



2 komentar: